RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA Negeri 8 Makassar
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII IPA 3/1
Pertemuan ke :
1 (satu)
Tema :
Explanation text “Tsunami”
Alokasi Waktu : 2
x 45 menit
Standar Kompetensi :
2. Memahami makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
2.1 Merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk: explanation
2.2 Merespons makna dan langkah retorika dalam esai
yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses
ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk explanation
Indikator :
- Siswa mampu mengidentifikasi teks monolog berbentuk explanation.
- Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.
- Siswa mampu melengkapi teks rumpang berbentuk explanation.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat merespons wacana monolog berbentuk explanation
B. Materi Pembelajaran
Wacana monolog berbentuk explanation,
misalnya:
Tsunami
The term of “tsunami” comes from the Japanese which
means harbour ("tsu") and wave ("nami"). A tsunami is a
series of waves generated when water in a lake or a sea is rapidly displaced
on a massive scale.
A tsunami can be generated when the sea floor abruptly
deforms and vertically displaces the overlying water. Such large vertical
movements of the earth's crust can occur at plate boundaries.
Subduction of earthquakes are particularly effective
in generating tsunami, and occur where denser oceanic plates slip under
continental plates.
As the displaced water mass moves under the influence
of gravity to regain its equilibrium, it radiates across the ocean like
ripples on a pond.
Tsunami always brings great damage. Most of the damage
is caused by the huge mass of water behind the initial wave front, as the
height of the sea keeps rising fast and floods powerfully into the coastal
area.
|
C. Metode Pembelajaran/Teknik:
·
Ceramah
·
Audio-lingual Method
D.
Langkah-Langkah Kegiatan:
- Kegiatan Awal (10’)
· Greeting
· Warming
up
- Kegiatan Inti (70’)
A. Eksplorasi
Pengenalan terhadap
materi pembelajaran
B. Elaborasi
·
Siswa mendengarkan teks lisan explanation secara klasikal sambil
membacanya dan memerhatikan intonasi pembaca serta mengucapkan beberapa kosa
kata.
·
Siswa mencari beberapa kata-kata sulit yang terdapat dalam teks.
·
Siswa menjawab pertanyaan dan melengkapi teks rumpang monolog berbentuk
explanation.
C.
Konfirmasi
·
Mengevaluasi
penguasaan materi
·
Menyimpulkan
materi
- Kegiatan Akhir (10’)
·
Giving
inspiring words
·
Praying
·
Greeting
D.
Sumber/Alat/Bahan Belajar
- Buku Look Ahead 3
- Buku Interlanguage: English for Senior High School Students XII
- Lembar Kerja Siswa (LKS) Tuntas
- Sumber yang terkait.
E.
Penilaian
- Teknik: Lisan, Tertulis
- Bentuk: Menjawab pertanyaan, menlengkapi teks bacaan
- Contoh Instrumen (Soal/Tugas)

1.
Complete the text above by using the words below!

Atmosphere layers of gases thermal temperature
Rays heat animals thicker
Rise scientists greenhouse
- Kunci Jawaban:
1.
Rise 5. Layers 9. Scientists
2.
Temperature 6. Greenhouse 10. Thicker
3.
Rays 7. Thermal 11. Heat
4.
Atmosphere 8. Animals
Makassar, 20 September 2011
Mengetahui,
Guru Pamong Guru Mata Pelajaran
Abdul Kadir, S. Pd. Abdullah
NIP.19631024 198703 1
006 NIM:20401108005
Dosen Pembimbing
Dr.
Muljono Damapolii, M. Ag.
NIP:19641110
199203 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar